Senin, 19 Desember 2016

Pedagogi Yang Disarankan Power



Seorang penulis abad ke-20, Edward J. Power dengan bukunya Philosophy Of Education, Studies In Philosophies, Schooling, and Educational Policies (1982) memetakan komponen-komponen pendidikan dalam kaitannya dengan implikasi-implikasi yang ditariknya dari beberapa aliran filsafat pendidikan. Komponen-komponen tersebut mencakup :
1.      Educational purpose
2.      The place students
3.      The role of teacher
4.      Curriculum
5.      Method
6.      Social education
7.      Liberal education
8.      Teaching of religion
9.      Indoctrination
10.  Partisan teaching
11.  Scientific humanitarianism
Power (1982) juga menyusun kerangka filsafat pendidikan dari sudut perananya bagi dunia pendidikan, sebagaimana berikut ini :
1.      Peran inspirasional, yakni mendeskripsikan cita-cita utopian pendidikan formal dan informal
2.      Peran analitikal, yakni menyingkap dan menginterpretasi makna dari wacana dan praktik pendidikan
3.      Peran preskriptif, yakni memberikan aranh yang lebih jelas dan tepat untuk praktik pendidikan disertai dengan komitmen untuk implementasinya
4.      Peran investigasi dan inkuiri, yakni menyelidiki kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik pendidikan disertai dengan suatu pandangan untuk menjustifikasi atau merekrontruksinya.
Suatu aliran filsafat pendidikan dapat memainkan satu atau beberapa dari peranan-peranan tersebut. Disamping itu, Power (1982) merumuskan kontribusi yang mungkin dilakukan oleh suatu aliran filsafat pendidikan, yaitu :
1.      Praktik langsung, yakni memandu praktik pendidikan di ruang kelas dan laboratorium
2.      Teoritis, yakni mengekspresikan prinsip pendidikan atau sebagaimana dalam sejarah pendidikan, merekam kejadian dan praktik pendidikan masa lalu
3.      Kombinasi teoritis dan praktik, yakni dengan prinsip membuat deklarasi-deklarasi universal tentang pendidikan dan dengan kebijakan menerjemahkan prinsip pendidikan untuk aplikasi ke dalam kondisi-kondisi social dan pendidikan kontemporer. Adapun praktiknya dengan mengimplementasikan prinsip dan kebijakan ke dalam tataran pengajaran dan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar