Kamis, 22 Desember 2016

Proses Humanisasi Sebagai Titik-Tolak dan Titik-Tuju Pendidikan



Titik-tolak pendidikan humanisasi adalah manusia sebagai subjek yang sadar bukan sebagai hewan yang melakoni kehidupannya tidak melakukan transformasi tetapi melakukan adaptasi terhadap lingkungan sebagaimana yanag menjadi landasan pikiran kaum behavioristic. Titik tolak ini dikembangkan berdasarkan pikiran bahwa manusia itu dapat terdominasi oleh tema-tema zaman yang menindas sehingga perlu ada upaya pembebasan. Sedangkan titik-tuju pendidikan humanisasi adalah manusia sebagai subjek mengubah lingkungan atau dunia dan membuat/menciptakan sejarah. Dengan demikian peradaban yang dituju dalam pendidikan humanisasi adalah peradaban kemanusiaan yang menciptakan kehidupan yang lebih baik.
Fungsi pendidikan sebagai fungsi dan tujuan kemanusiaan atau humanisasi tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 yaitu : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab”. Fungsi dan tujuan ini bertumpu pada nilai-nilai luhur Pancasila.
Bangsa dengan watak dan peradaban bermartabat yang tertuju pada kehidupannya yang cerdas harus merupakan bangsa sebagai diri, subjek, agen, manusia, di tengan dan bersama bangsa-bangsa lainnya yang juga adalah subjek. Bangsa sebagai sebuah subjek, terbentuk oleh manusia-manusia individunya yang adalah juga subjek. Manusia-manusia Indonesia individual, idealnya adalah manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Manusia ideal Indonesia dibangun melalui proses humanisasi, bukan hewanisasi atau mesin-isasi atau dehumanisasi.



Daftar Pustaka

Kesuma, Dharma,Dr.,M.Pd dan teguh Ibrahim,S.Pd.2016.Struktur Fundamental Pedagogik (Membedah Pemikiran Paulo Freire).Bandung:PT. Refika Aditama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar