Senin, 19 Desember 2016

Pengantar Pedagogik Freire



Pendidikan sebagai sebuah praktik dalam sebuah kelompok sosial akan berbeda-beda dibandingkan dengan kelompok-kelompok sosial lainnya. Perbedaan-perbedaan ini sehubungan dengan adanya komponen tujuan moral yang berbeda-beda dalam setiap tujuan global atau tujuan jangka panjang dari setiap system pendidikan dalam sebuah kelompok sosial  atau bangsa. Perbedaan-perbedaan dimungkinkan juga berkenaan dengan tujuan-tujuan kontekstuial pendidikan.
Situasinya beraneka ragam. Disamping disaat itu, konseptualisasi pendidikan masih merupakan sebuah bidang yang langka. Keadaan ini menyulitkan bagi orang yang ingin memahami pendidikan secara komprehensif. Seharusnya terdapat naskah-naskah pendidikan yang khas Indonesia atau sebuah naskah yang mendapat consensus luas masyarakat akademiks damn pendidikak Indonesia yang berjudul Pedagogik Indonesia.  Ini diperlukan oleh para pengembang pendidikan dan oendidik Indonesia. Karena itu jalan kearah ini harus dirintis. Rintisan tersebut dilkakukan dengan berupaya mengungkap model konseptual pedagogic dari Paulo Freire, pendidik dari Brazil.
Paulo Freire adalah orang yang pertama menggunakan istilah pedagogi (pedagogy) di Amerika Serikat (AS)  pada tahun 1960-an, setelah lama istilah tersebut  tidak digunakan dalam dunia akademik AS karena diganti oleh istilah pendidikan (education).
Pedagogik Freire muncul di abad XX, diharaopkan sebuyah abad yang lebih kaya dan mendalam dibandingkan dengan abad-abad sebelumnya dari segi pemikiran dan praktik. Buku-buku yang ditulis oleh Paulo Freire ada sebanyak 62 judul, dan tentang karya-karyanya yang ditulis orang lain ada sebanyak 32 judul. Ini terdapat dalam sebuah biografi singkat Paulo Freire (Provenzo & Eugene, 2011).
Pedagogik yang komprehensif harus dianalisis secara kritis melalui sebuah penelitian dalam bentuk sebuah analisis konseptual. Hasilnya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang berkepentingan untuk melakukan konseptualisasi pedagogik, termasuk konseptualisasi Indonesia. Konseptualisasi pedagogik adalah sehimpunan aktivitas yang termasuk ke dalam second-orderv disipline dan higher-order activity. Produknya adalah konsep atau teori dengan berbagai karakteristiknya. Menurut Moore (2010) mengidentifikasi tentang teori –teori pedagogic ini sebagai berikut.

  1. Teori preskriptif terbatas : teori pedagogic atau teori pengajaran
  2. Teori deskriptif umum : teori-teori social
  3. Teori preskriptif umum : filsafat pendidikan, dan
  4. Teori filsafat analitik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar