Jumat, 30 Desember 2016
Pendidikan Adalah Komunikasi dan Dialog
Pendidikan bukan transfer pengetahuan, tetapi
perjumpaan subjek-subjek dalam dialog dalam pencarian signifuikansi objek dari
proses mengetahui dan berpikir (Freire 1997). Dalam komunikasi yang beroperasi
melalui kata-kata, relasi pemikiran-bahasa-konteks atau realitas tidak dapat
terputus. Tidak ada pemikiran yang tidak memilik suatu acuan ke realitas dan
yang secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh realitas. Karena itu bahasa yang mengekspresikan pemikiran itu
tentu saja memperlihatkan pengaruh ini juga. Komunikasi tidak dapat direduksi
menjadi komunikasi yang efisien yang mempersyaratkan subjek-subjek dalam dialog
dan mengarahkan diri untuk “masuk kedalam” objek yang sama. Ia mempersyaratkan
bahwa mereka yang mengekspresikannya dengan sarana tanda-tanda linguistik yang
sama bagi kedua pihak agar merekadapat memiliki sebuah pemahaman yang sama
tentang objek komunikasi. Tidak aka nada komunikasi, jika pemahaman makna
(signifikasi) dari suatu tanda tidak terbangun di kalangan
Subjek-subjek-dalam-dialog. Jika tanda tidak memiliki makna yang sama
(signifikasi) bagi Subjek-subjek dalam komunikasi, komunikasi berhenti untuk
terjadi karena kekurangan pemahaman yang esensial.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar